Senin, 23 Mei 2011

Tips Menghilangkan Bau Badan




Dalam tubuh kita, ada 2 kelenjar untuk menghasilkan keringat. Yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apocrine. Kelenjar accrine berfungsi menghasilkan keringat bening dan tak berbau, muncul di tangan, dahi dan punggung. Kelenjar apocrine ada di tempat-tempat tertentu, pada khususnya di daerah perakaran rambut. Yaitu bagian ketiak, kemaluan dan hidung. Kelenjar ini aktif setelah masa pubertas.

Kelenjar accrine memproduksi cairan yang banyak mengandung air dan tak bau. Fungsinya menurunkan kondisi tubuh pada waktu-waktu tertentu. Sebaliknya, kelenjar apocrine mengandung asam lemak jenuh dengan cairan yang berminyak dan lebih kental.

Cairan yang dihasilkan kelenjar apocrine hanya berbau lemak. Akan tetapi, di tiap rambut ada satu kelenjar apocrine dan mengandung bakteri yang memiliki peran dalam proses pembusukan, maka menimbulkan bau yang tidak sedap. Bila memiliki kelenjar apocrine lebih besar, produksi keringat lebih banyak dan pembusukan bakterinya pun menjadi lebih banyak.

Selain itu, bau badan yang tidak sedap juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun tidak bisa mengacu 100% pada hal tersebut. Yang penting bagi kita adalah menjaga kebersihan tubuh. Kebersihan tubuh berhubungan erat dengan pakaian yang kita pakai, rajin mandi dan membersihkan badan 2 kali sehari, selain itu juga memperhatikan perihal konsumsi makanan kita. Selama kita menjaga kebersihan tubuh, maka bau badan tidak akan muncul. Hal itu karena, jika keringat dari kelenjar apocrine dihilangkan, bakteri pun tidak akan melakukan proses pembusukan.

Kelenjar apocrine bekerja lebih efektif dan produktif apabila orang yang bersangkutan sedang stress atau emosi, yang akan membuat bau badannya makin tidak sedap dan makin parah. Faktor lain adalah tubuh yang mengalami kegemukan karena keringat cenderung terperangkap diantara lipata-lipatan kulit.

Walau kelenjar apocrine hanya mengeluarkan sedikit cairan, namun bila tercampur dengan bakteri, bau badan pun akan muncul dari tubuh kita. Hal ini diperparah bila kita sering mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti daging, durian, bawang goreng. Merokok, minum minuman keras dan memakai obat antibiotik pun bisa menambah parah bau badan.

Cara yang paling mudah dan murah meriah untuk menghilangkan bau badan adalah selalu membersihkan ketiak dengan sabun antiseptik tiap mandi. Seusai mandi, keringkan dengan handuk dengan lembut dan beri bedak antiseptik. Konsumsilah banyak buah, sayur dan minum air putih sehingga bau badan menjadi berkurang.

Untuk perawatan tubuh guna menghilangkan bau badan secara total dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan saja, anda dapat melakukan tips Menghilangkan Bau Badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar