Senin, 23 Mei 2011

BISNIS ONLINE? WHY NOT ?










ONLINE.. ONLINE... ONLINE....
Sepatah lagu yang lagi IN belakangan ini... sama seperti bisnis online yang lagi marak juga belakangan ini..
Tidak dapat diragukan lagi bahwa kini bisnis online memiliki prospek bisnis yang cukup besar. Sebab sekarang semakin banyak orang menempatkan internet sebagai pusat informasi. selain itu siapapun kini bisa membuat bisnis online, bisa berjualan, beriklan, memasarkan informasi atau berita di internet.

Sama seperti bisnis offline, bisnis online pun juga dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Baik keuntungan dalam bentuk materi maupun keuntungan tidak langsung misalnya berupa luasnya jaringan. Dalam menjalankan bisnis online, besar kecilnya keuntungan yang diperoleh tergantung oleh ketekunan serta optimalisasi website maupun media online yang digunakan.Dapat dikatakan bahwa bahwa bisnis online adalah bisnis yang ‘low cost high impact’

Bisnis online pelan-pelan akan menjadi trend. Karena modal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis online tidaklah sebesar mengembangkan bisnis offline. Untuk membuat bisnis online tidak harus menyewa kantor atau toko seperti halnya membangun bisnis offline.Modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet,pembelian hosting, domain, autoresponder, dan lain-lain. Sedangkan modal usaha lainnya adalah modal untuk memulai usaha yang juga sebenarnya nilainya sangat besar, misalnya modal waktu, modal tenaga, modal keyakinan, dan berani, nekad, pandai bergaul, kreatif dan lain sebagainya. Kalau modal materinya masih kecil, cobalah modal non materinya yang diperbesar.Selain itu pelaku bisnis online harus paham dan memiliki website, sebab lewat website kita bisa memasarkan dan dihubungi pihak lain, lewat website pula kita bisa menerbitkan media online kita, dan orang lain bisa membaca dan mengetahui keberadaan kita.

Keuntungan lain dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang dijalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO (Search Engine Optimization), agar bisnis anda mudah ditemukan konsumen.Bahkan walaupun pelaku bisnis sedang tidur, bisnis online dapat berjalan dan terus menghasilkan uang.Dalam bisnis online pengunjung dapat melakukan proses pembelian kapan saja mereka menginginkan. Pengunjung dapat juga seolah-olah merasa dilayani karena ditunjang oleh sistem otomatisasi toko online tsb. Sehingga tanpa penjaga, toko online dapat beroperasi dan bertransaksi 24 jam.Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem.

Resiko yang biasanya dihadapi pebisnis online adalah proses pengiriman barang/produk kepada pembeli atau customer, sehingga bermitra dengan perusahaan jasa kurir yang memiliki sistem pengiriman produk yang professional adalah hal yang mutlak harus dilakukan oleh pelaku bisnis online. Mengabaikan hal ini akan menjadi boomerang bagi pebisnis online.

Jadi jika ingin mencari bisnis yang murah, mudah, dan berpeluang besar, bisnis online dapat menjadi salah satu bisnis yang dapat pilih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar